Cara Mengobati Keputihan Dengan Bahan Alami

Cara Mengobati Keputihan - Keputihan sudah lama menjadi momok menakutkan bagi kaum wanita. Keberadaannya yang terkadang disertai rasa gatal atau lengket, menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri bagi penderitanya. Memang keputihan wajar dialami oleh setiap wanita, tetapi beberapa percaya bahwa keputihan merupakan indikasi adanya penyakit yang cukup berbahaya di dalam organ reproduksi wanita. Keputihan yang tidak berbahaya memang tidak membuat kita merasa terganggu tetapi jika keputihan sudah terasa gatal, berbau tidak sedap dan berwarna sedikit kekuningan, pastilah hal ini akan mengganggu aktivitas.

Beberapa hal yang menyebabkan keputihan adalah stress, obesitas sampai gangguan saluran reproduksi karena bakteri. Ada banyak obat yang telah beredar bebas yang dipercaya dapat menghilangkan keputihan. Demikian pula saran untuk menggunakan produk tertentu seperti tissue berekstrak sirih untuk menyeka bagian organ intim anda setelah anda melakukan aktivitas di dalam toilet. Tetapi disarankan sekali lagi bahwa kita harus benar benar berhati hati untuk menggunakan barang barang tersebut. Beberapa mungkin akan langsung menghilangkan keputihan anda tetapi beberapa lagi malahan akan membahayakan bagi kesehatan organ reproduksi anda. Dan perlu anda ingat sekali lagi bahwa keputihan sebenarnya adalah sinyal tubuh anda untuk mengatakan bahwa ada yang tidak beres pada organ kewanitaan anda, jadi sepenuhnya itu bukanlah penyakit. Beberapa cara mengobati keputihan secara alami yang dapat anda coba.

Cara Mengobati Keputihan

Cara Mengobati Keputihan

1. Daun sirih
Khasiat daun sirih tidak lagi diragukan bagi kesehatan kita. Minyak atsiri yang terkandung di dalam daun sirih dipercaya dapat membunuh bakteri dan menjaga tubuh lebih sehat. Selain itu, ternyata daun sirih juga sangat bermanfaat bagi kesehatan reproduksi kita. Bagi banyak wanita sudah tidak asing lagi dengan produk sabun khusus untuk daerah kewanitaan yang mengandung ekstrak daun sirih tetapi kita perlu berhati hati dengan tingkat keasamannya. Pastikan kadar keasaman dalam sabun tersebut tidak terlalu tinggi sehingga masih cukup aman untuk bakteri baik yang ada di dalam organ kewanitaan kita. Adapun cara mengobati keputihan dengan menggunakan daun sirih adalah dengan merendam beberapa lembar daun sirih dalam air selama beberapa jam. Kemudian gunakan air rendaman tersebut untuk membasuh daerah kewanitaan anda. Cara lain yang dapat ditempuh juga adalah dengan merebus beberapa lembar daun sirih dan menggunakan air rebusannya yang masih hangat untuk membasuh daerah kewanitaan setiap kali anda mandi atau setelah melakukan aktivitas di kamar kecil.

2. Ketumbar
Cara mengobati keputihan yang lainnya adalah dengan menggunakan biji ketumbar. Bumbu dapur yang berbentuk bulat kecil dan berwarna coklat ini ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan keputihan. Carannya adalah dengan merendam beberapa butir ketumbar di dalam segelas air semalaman. Keesokan harinya anda dapat meminum air rendaman biji ketumbar tersebut. Lakukan secara rutin hingga keputihan anda berkurang atau hilang sama sekali.

3. Sambiloto
Daun sambiloto memang terkenal khasiatnya untuk menyembuhkan penyakit termasuk keputihan. Cara menyembuhkan keputihan dengan menggunakan daun sambiloto adalah dengan mengambil beberapa lembar daun sambiloto dan merebusnya ke dalam 4 gelas air hingga tersisa dua gelas saja. Minumlah ramuan ini sehari tiga kali dan lakukan secara teratur maka niscaya keputihan anda akan sembuh dan tidak mengganggu lagi.

Demikianlah beberapa cara mengobati keputihan secara alami yang dapat anda coba. Ingatlah sekali lagi, jika keputihan anda tidak juga berhenti, maka segeralah berkonsultasi kepada dokter ahli. Selamat mencoba!