Cara Mengobati Gusi Bengkak Secara Alami

Cara Mengobati Gusi Bengkak - Kesehatan mulut adalah salah satu faktor yang cukup penting bagi tubuh kita. seringnya kita berkomunikasi dengan sura, menyebabkan gangguan sekecil apapun pada mulut kita pastilah akan membuat kita merasa tidak nyaman. Demikian pula dengan gusi yang bengkak. Selain menimbulkan rasa yang cukup nyeri, gusi yang bengkakpun menghalangi kita berbicara. Rasa sakit yang setiap kali timbul pada saat kita membuka mulut pastilah akan membuat kita menjadi malas untuk berbicara. Sebenarnya ada beberapa hal yang menyebabkan gusi kita menjadi bengkak. Kurangnya kesadaran kita akan menggosok gigi secara teratur, pemasangan kawat gigi atau behel, kurangnya asupan vitamin hingga kehamilan yang sedang diderita oleh para wanita.

Kurangnya kesadaran kita akan pentingnya menggosok gigi menyebabkan menempelnya sisa makanan di sela gigi dan gusi. Jika tidak lekas dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi ataupun obat kumur, pastilah sisa makanan ini akan menjadi media yang sangat baik bagi berkembangnya bakteri di mulut kita. Pemakaian behel atau kawat gigi juga dapat menyebabkan gusi bengkak. Benda asing (behel atau kawat gigi) yang ada di mulut kita secara langsung bersentuhan dengan mulut terutama gusi pastilah menyebabkan reaksi tersendiri pada mulut kita. Jika kebersihan behel atau kawat gigi ini tidak dijaga dengan baik, maka benda inipun akan menjadi media subur untuk berkembangnya bakteri di mulut dan dapat menyebabkan gusi menjadi bengkak. Beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang dapat anda tempuh adalah.

Cara Mengobati Gusi Bengkak

Cara Mengobati Gusi Bengkak

1. Garam
Bumbu dapur yang berupa Kristal, berwarna putih dan memiliki rasa asin ini selain menyebabkan makanan yang kita makan menjadi lebih sedap, ternyata dapat juga kita gunakan untuk meredakan rasa yang tidak nyaman karena gusi yang bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan menggunakan garam adalah mengambil beberapa sendok garam dan mencampurkannya dengan air hangat. Aduk perlahan hingga garam benar benar larut dalam air. Setelah itu, gunakan larutan garam dan air tersebut untuk berkumur. Niscaya sakit yang ada pada gusi anda akan hilang.

2. Minyak cengkeh
Minyak hasil ekstraksi daun cengkeh ini ternyata sudah lama dikenal masyarakat di Indonesia sebagai obat yang mujarab bagi beberapa penyakit. Demikian pula untuk sakit gigi dan gusi bengkak. Cara mengobati gusi bengkak dengan minyak cengkeh adalah dengan mengoleskan minyak cengkeh pada bagian gusi yang bengkak secara perlahan. Lakukan minimal dua kali sehari secara teratur.

3. Jeruk Nipis
Tumbuhan berbuah yang masih serumpun dengan lemon ini memang terkenal akan khasiatnya. Kita dapat menjumpai keberadaannya mulai dari resep makanan hingga obat obat tradisional. Dengan aromanya yang khas dan segar, jeruk nipis dipercaya dapat menghilangkan aroma amis dan tidak sedap pada ikan. Cara mengobati gusi bengkak secara alami dengan menggunakan jeruk nipis adalah dengan mengambil sebuah jeruk nipis yang sudah matang, memeras airnya dan mencampurkannya dengan air hangat. Kemudian gunakan campuran air jeruk nipis tersebut untuk berkumur maka gusi anda akan mengempis dan tidak bengkak lagi.

4. Bawang merah
Jika kita mengenal bawang putih sebagai obat sakit gigi, maka kali ini kita dapat menggunakan bawang merah untuk obat gusi bengkak. Beberapa orang memang menghindari bawang merah sebagai bahan obat karena baunya yang sedikit pedas dan terkadang membuat kita mengeluarkan air mata. Tetapi jika anda tetap ingin mencobanya, anda dapat mencampurkan bawang merah dengan sedikit garam dan menghaluskannya. Campurkan kedua bahan tersebut kedalam segelas ar hangat dan gunakanlah untuk berkumur.

Demikianlah beberapa cara mengobati gusi bengkak secara alami yang dapat anda tempuh dengan mudah.